Jika melihat peluang usaha distributor frozen food itu sendiri, berbisnis makanan beku ini sebenarnya sama saja dengan usaha kuliner jenis lainnya. Jadi, sebelum Anda benar-benar menekuni usaha ini, maka terlebih dahulu Anda harus mengatur bagaimana strategi bisnisnya. Pertimbangkan beberapa hal seperti modal dan persiapan yang dibutuhkan dengan matang, Anda perlu menyasar calon pembeli/konsumen, cari tempat strategis untuk membangun usaha frozen food dan pastikan Anda sudah menentukan strategi pemasarannya.

Tips Memulai Bisnis Frozen Food Untuk Pemula

Sebelum memutuskan untuk menjalankan bisnis makanan beku. Maka Anda terlebih dahulu harus menentukan jenis frozen food yang akan dipilih tersebut, apakah ingin membuatnya sendiri atau membelinya dari distributor frozen food secara langsung. JIka Anda telah membuat keputusan, Anda pun bisa langsung mengikuti beberapa langkah di bawah ini jika ingin memulai bisnis makanan beku :

  1. Tentukan Produk Frozen Food yang Ingin Dijual

Hal pertama ialah pilih jenis produk frozen food apa yang akan dijual. Misalnya, apakah memilih produk sosis, bakso, nugget, ataupun produk lainnya. Adapun pemilihan produk frozen food ini bertujuan untuk memudahkan Anda saat menjalankan peluang usaha distributor frozen food.

  1. Persiapkan Modal

Jika Anda sudah menentukan produk frozen food jenis apa yang ingin dijual, selanjutnya Anda bisa menghitung besarnya modal yang diperlukan untuk menjalankan usaha ini. Bisnis frozen food memerlukan alat pengemasan atau packaging yang kedap udara dengan freezer dijadikan sebagai tempat untuk penyimpanannya.

Jika tidak mempunyai modal yang cukup, Anda dapat mengajukan pinjaman di bank atau koperasi. Sekarang ini ada banyak perusahaan perbankan yang menawarkan fasilitas bagi pengusaha pemula, seperti Mitra Usaha Mandiri dan Kredit Usaha Rakyat.

  1. Teknik Pemasaran

Anda juga harus mengetahui cara memasarkan produk frozen food yang dijual. Teknik seperti apa yang akan digunakan untuk memperkenalkan produk Anda ke pasaran. Misalnya saja dengan melakukan promosi ke orang-orang terdekat lebih dahulu, seperti kerabat dekat atau rekan. Di samping itu, Anda pun bisa memasarkannya lewat sistem online.

  1. Distributor atau Reseller

Cara ini juga sebagai langkah awal mengembangkan usaha frozen food. Jika Anda masih belum berani atau belum cukup modal membuka cabang bisnis, maka Anda pun dapat mencari distributor langsung. Sehingga resikonya menjadi sangat kecil, sebab mereka bukanlah pegawai melainkan mitra usaha.

 

Lihat juga beragam frozen food enak dan menarik lainnya di Distributor Frozen Food Tangsel

 

Bagaimana Kendala dan Solusi Bisnis Frozen Food?

Setiap bisnis pasti akan mengalami beberapa kendala namun Anda tidak perlu khawatir, sebab setiap kendala tentu akan selalu ditemukan solusinya. Berikut ada beberapa kendala dalam berbisnis makanan beku yang dilengkapi oleh solusinya :

  • Menjual Makanan Kurang Sehat

Anda mungkin yang tidak cocok berbisnis ini, sebab sudah jamak bahwa makanan beku adalah makanan kurang sehat. Jika Anda berjualan frozen food, ini artinya Anda pun memiliki andil dalam menyalurkan makanan tersebut ke orang lain.

Sebagai solusinya, Anda dapat melakukan modifikasi ataupun dengan membuat makanan beku sendiri tanpa berbahan pengawet dan MSG,

  • Tak Selalu Ramai

Seperti halnya bisnis lain di Indonesia, bisnis makanan jenis tertentu biasanya hanya bersifat musiman. Sehingga Anda tidak perlu kaget, jika suatu saat bisnis frozen food Anda tidak seramai saat pertama Kalian Anda membukanya.

Sebagai solusinya, Anda harus kreatif dan pintar memutar otak lagi agar bisnis frozen food yang Anda jalankan tetap laku di pasaran.

  • Banyak Kompetitor

Dikarenakan bisnis ini sedang marak-maraknya atau bahkan lagi ngetrend, jadi wajar jika Anda memiliki banyak sekali kompetitor atau saingan. Sebagai solusinya, Anda perlu mencari lokasi atau tempat usaha baru dengan menciptakan inovasi lain, misalnya dengan mempromosikannya lewat online.

Tips Mengelola Keuangan Peluang Usaha Distributor Frozen Food

Sama seperti bisnis lainnya, tips mengelola keuangan bisnis frozen food sendiri tidak jauh berbeda. Adapun hal yang harus Anda pahami ialah harus melakukan pengelolaan yang terarah antara modal dengan keuntungan atau laba. Seperti dengan membuat pembukuan secara rinci dan akurat, memisahkan antara laba dan modal yang diperoleh, serta jangan memakai uang modal usaha Anda untuk kebutuhan lain.

 

Beberapa Paket Catering Kami yg ada :

 

Call Now
WhatsApp