Proses pengawetan makanan dengan cara dibekukan menjadi salah satu peluang usaha yang kini dilirik oleh kalangan ibu rumah tangga. Untuk daerah panas seperti semarang, jogjakarta, jakarta dan sekitarnya menjadi pilihan dalam memiliki lemari es sekaligus untuk usaha. Makanan beku yang dijual bisa bertahan lama hingga 4 bulan jika Anda pintar untuk menjaganya.

Ada tips untuk menjaga makanan beku agar kualitasnya stabil dan tidak rusak.

  1. Selama Proses Perjalanan Tetap Dibekukan

Jika Anda menjadi seorang pembuat atau produksi makanan beku dan Distributor Frozen Food Karawang maka harus ada cara sterilisasi dahulu sebelum dibekukan. Namun, jika Anda bukanlah seorang pembuat (pembeli) maka perlu kecekatan dalam menjaga kualitas makanan yang sebelumya telah dibekukan. Dalam proses pengambilan makanan beku dari pabriknya tentu dijaga dengan memasukkan ke dalam mesin freezer hingga masuk ke rumah Anda. Jangan terlalu sering dibuka selama perjalanan karena masuknya oksigen membuat bakteri bisa saja masuk ke dalamnya. Cukup sekali pengemasan dan pemindahan dari pabrik ke agen (pembeli pertama).

  1. Bersihkan Dan Jaga

Sesampainya di tangan konsumen, produk akan dipindahkan dari mobil pengantar ke freezer pembeli pertama (agen) dengan daftar yang telah tersedia. Jangan lupa untuk mencuci tangan dan memakai sarung tangan khusus agar kemasan frozen food tetap terjaga. Apabila ada kemasan yang rusak maka sortir (pisahkan). Semua produk harus terjamin baik dari kemasan dan kualitas kebersihan.

Pihak kami yang sudah berpengalaman dalam bidang pengiriman makanan beku akan memberitahu bahwa makanan jenis tertentu harus dibekukan dalam suhu tertentu pula.

 

Lihat juga beragam frozen food enak dan menarik lainnya di Distributor Frozen Food Jakarta Pusat

 

  1. Setting Lemari Es Dengan Suhu Tertentu

Lemari freezer memiliki suhu pembekuan hingga minus derajat celcius karena bertujuan untuk menghambat bakteri pembeku. Bakteri pasti ada di setiap makanan yang tidak diawetkan karena bakteri menciptakan aroma dan rasa yang khas namun jika bakteri terlalu banyak berkembang maka bisa merusak kualitas makanan. Maka dari itu, proses pembekuan lebih diutamakan sebagai bentuk pengawetan alami makanan tanpa mengurangi kualitas rasa. Suhu yang disarankan untuk pembekuan adalah -18 derajat celcius. Ketika suhu lebih hangat maka makanan akan menjadi lebih lunak dan mikroorganisme mulai datang.

Jika Anda memilih makanan yang tidak ada pengawetnya sama sekali, bisa bertahan hingga 4 bulan di dalam freezer suhu -18 derajat. Bentuknya akan padat, keras, dilapisi gumpalan es asalkan sebelumnya dikemas dengan benar.

  1. Jangan Buka Kemasan Dicampur

Terkadang dalam bisnis makanan beku permintaan konsumen tidak bisa ditebak, ada kalanya meminta separuh porsi. Hal ini membuat Anda harus membuka salah satu kemasan dan mengembalikannya lagi ya.

Nah, model buka tutup ini akan merusak kualitas produk yang lain karena bakteri dari udara sudah masuk ke dalam kemasan yang telah dibuka. Sebaiknya, untuk penjualan makanan frozen ini satu bungkus utuh demi menjaga produk yang lainnya.

Tata kembali kemasan yang diambil agar semua area pembungkusnya tidak cacat.

  1. Stabil Listrik 

Kestabilan listrik menjadi sebuah poin penting, karena jika Anda memilih usaha es krim jika listrik mati akan meleleh. Namun, jika Anda memilih makanan mungkin agak mendingan karena tidak mencair ya.

Kendari demikian, perlunya tenaga listrik cadangan dalam menggantikan listrik pokok yang mati guna menghambat bakteri dan menjaga kualitas makanan beku. Listrik yang mati dan dibiarkan saja maka akan membuat tekstur menjadi lunak dan warnanya sedikit berubah.

Dalam menjaga makanan beku di atas bisa Anda praktekkan secara hati-hati. Jangan lupa untuk melihat kondisi makanan beku apabila sudah berbau tidak sedap, teksturnya berair dan lunak, warnanya berubah maka ambil dan pisahkan. Dalam setiap produk makanan beku akan disertakan tanggal kadaluarsa sebagai bentuk waktu peringatan, sebelum dimasukkan ke freezer. Hal ini membuat Anda ingat kapan dilakukan pengecekan tanpa perlu membuka tutup lemari freezer. Jika waktu sudah mendekati tanggal kadaluarsa sebaiknya jual dengan target (minimal 2 bulan sebelum masa kadaluarsa jika tanpa pengawet).

Ingin tahu lebih jelasnya segera hubungi:

 

Beberapa Paket Catering Kami yg ada :

 

Call Now
WhatsApp